Search

Sunday, October 28, 2012

Rumus Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3

Rubik 3x3x3 adalah rubik standard yang menjadi tantangan dalam menyelesaikan rubik, jika ada orang yang menyebutkan “rubik’s cube”, itu maksudnya bukan segala jenis kubus teka-teki yang disebut rubik tetapi maksudnya adalah rubik 3x3x3. Sebenarnya banyak istilah-istilah bahasa inggris dalam permainan teka-teki kubus 3 dimensi ini, namun saya tidak akan menyebutkannya dalam blog saya ini agar tidak membuat teman-teman cubers pemula menjadi pusing, karena saya mengerti, saya juga pernah mengalami hal yang teman-teman cubers pemula alami sekarang. Saat pertama kali saya belajar menyelesaikan rubik, saya dipusingkan dengan istilah-istilah itu, namun di blog ini saya menggunakan bahasa sehari-hari supaya teman-teman cubers yang masih pemula lebih mudah mengerti. Disini akan dibahas cara menyelesaikan rubik 3x3x3 hanya dengan 6 langkah mudah.
Nah, sudah cukup basa-basinya, sekarang mari kita belajar menyelesaikan rubik 3x3x3. Langkah-langkah dalam menyelesaikan rubik 3x3x3 adalah sebagai berikut.
1.     First layer
2.    Second Layer
3.   OLL Cross
4.   OLL Corners
5.   PLL Corners
6.   PLL Edges
Langkah-langkah diatas adalah metode Jessica Fridrich. Sebenarnya, metode Fridrich adalah CFOP  atau Cross-F2L-OLL-PLL, namun pada dua tahap awal yakni Cross dan F2L tidak saya gunakan di blog ini namun dengan menyelesaikan layer per layer, karena menurut saya belum saatnya bagi teman-teman cubers pemula untuk belajar F2L, juga pada langkah OLL dan PLL masing masing dibagi menjadi 2 langkah lagi agar mengurangi alogaritma yang digunakan. Secara keseluruhan, metode fridrich menggunakan kira-kira 70 alogaritma lebih, jumlah alogaritma yang menurut saya sangat banyak untuk teman-teman cubers pemula, namun pada blog ini, alogaritma yang perlu diketahui untuk menyelesaikan rubik 3x3x3 adalah hanya 10 alogaritma saja. Ya, hanya 10 yang perlu diketahui, tidak banyak bukan?, dan itupun tidak semuanya digunakan dalam satu kali solving rubik 3x3x3.
Nah, langsung saja kita ke step pertama.

Step 1 : Menyelesaikan first layer
Sama seperti rubik 2x2x2. Tujuan dalam step ini adalah membuat rubik yang tertera seperti gambar di bawah ini.


Saya rasa saya tidak perlu menjelaskan step ini, karena saya yakin bahwa teman-teman cubers sudah bisa melakukannya. Gambar pada step ini sisi depan adalah sisi yang berwarna putih namun dalam step-step berikutnya sisi putih akan menjadi sisi bawah. Pastikan potongan-potongan rubik teman-teman cubers berada pada posisi yang benar berjalinan satu dengan yang lainnya.
Setelah menyelesaikan first layer, tempatkan sisi putih sebagai sisi bawah dan sisi merah sebagai sisi depan seperti gambar berikut.

Sekarang teman-teman cubers bisa berlanjut ke step 2.

Step 2 : menyelesaikan second layer
Second layer atau layer kedua adalah lapisan yang berada ditengah. Tujuan dalam step ini adalah membuat rubik yang tertera seperti gambar di bawah ini.

Setelah menyelesaikan step pertama, teman-teman cubers akan menemukan kasus-kasus berikut dan alogaritma disampingnya adalah alogaritma untuk menyelesaikannya.



U F’ R’ U’ R F R’ U R


U’ F L U L’ F’ L U’ L’

2 alogaritma diatas adalah alogaritma yang berfungsi untuk menukar posisi satu edge piece pada lapisan last layer dengan posisi satu edge piece pada lapisan second layer. Terkadang teman-teman cubers akan menemukan kasus seperti ini.

Terkadang teman-teman cubers akan menemukan kasus seperti disamping ini. Untuk mengatasi masalah ini, teman-teman cubers bisa menukar satu edge piece dari last layer dengan edge piece second layer itu, untuk melakukannya teman-teman cubers bisa menggunakan salah satu dari 2 alogaritma diatas. Kemudian rubik teman-teman cubers akan berada pada salah satu kasus diatas dan lakukan alogaritmanya.

Setelah menyelesaikan second layer, kini teman-teman cubers bisa berlanjut ke step 3.

Step 3 : OLL : membuat cross

Tujuan dalam step ini adalah membuat rubik yang tertera seperti gambar di bawah ini. 
Setelah menyelesaikan step kedua, teman-teman cubers akan menemukan kasus-kasus berikut.


untuk kasus ini, alogaritmanya adalah

F U R U’ R’ F’


untuk kasus ini, alogaritmanya adalah

F R U R’ U’ F’


Untuk kasus ini, teman-teman cubers bisa menggabungkan kedua alogaritma diatas dengan menambahkan notasi U diantaranya, seperti

F U R U’ R’ F’ + U + F R U R’ U’ F’

Setelah menyelesaikan cross, kini teman-teman cubers bisa berlanjut ke step 4.

Step 4 : OLL : memenuhi last layer
Tujuan dalam step ini adalah membuat rubik yang tertera seperti gambar di bawah ini.


Setelah menyelesaikan step kedua, teman-teman cubers akan menemukan kasus-kasus berikut. Untuk semua kasus-kasus yang ada pada step ini, teman-teman cubers hanya membutuhkan satu alogaritma saja, yaitu


R U R’ U R U2 R’



Kasus 1


Lakukan alogaritma tersebut dan rubik anda akan siap untuk step selanjutnya.


Kasus 2
Lakukan alogaritma tersebut dan rubik anda akan berada pada kasus pertama.

Kasus 3
Lalogaritma tersebut dan rubik anda akan berada pada kasus pertama.

Kasus 4 
Lakukan alogaritma tersebut dan rubik anda akan berada pada kasus pertama
Kasus 5
Lakukan alogaritma tersebut dan rubik anda akan berada pada kasus kedua.

Kasus 6
Lakukan alogaritma tersebut dan rubik anda akan berada pada kasus kedua.
Kasus 7
Lakukan alogaritma tersebut dan rubik anda akan berada pada kasus kedua.

Setelah menyelesaikan OLL, kini teman-teman cubers bisa berlanjut ke step 5.

Step 5 : PLL : membetulkan posisi sudut
Tujuan dalam step ini adalah membuat rubik yang tertera seperti gambar di bawah ini. 

Dalam step ini teman-teman cubers hanya membutuhkan satu alogaritma saja, yaitu


l U’ R D2 R’ U’ R D2 R2


Alogaritma diatas adalah alogaritma yang berfungsi untuk menukar 3 posisi corner pieces yang ada pada last layer tanpa mengacaukan orientasi last layer.

Jika pada step ini teman-teman cubers sudah memiliki 2 corner pieces yang berada pada posisi yang benar, maka saya sarankan untuk melakukan alogaritma itu dengan sisi yang memiliki 2 corner pieces yang benar sebagai sisi depan.

Contoh misalnya teman-teman cubers memiliki 2 corner pieces yang posisinya benar pada sisi merah seperti gambar berikut, maka gunakan sisi merah sebagai sisi depan kemudian terapkan alogaritmanya.


Contoh misalnya teman-teman cubers memiliki 2 corner pieces yang posisinya benar pada sisi hijau seperti gambar berikut, maka gunakan sisi hijau sebagai sisi depan kemudian terapkan alogaritmanya.


Jika tidak ada, maka teman-teman cubers boleh menerapkan alogaritma diatas pada sisi manapun. Jika semua corner pieces belum berada pada posisi yang benar maka lakukan alogaritma diatas lagi. Jika semua posisi corners pieces sudah benar, kini teman-teman cubers bisa berlanjut ke step 6

Step 6 : PLL : membetulkan posisi tepi

Tujuan dalam step ini adalah membetulkan posisi edge pieces dan menyelesaikan seluruh rubik. Setelah membetulkan posisi corner pieces pada last layer, kini giliran untuk membetulkan edge pieces pada last layer. Setelah menyelesaikan step kelima, teman-teman cubers akan menemukan kasus-kasus seperti gambar berikut dan diikuti alogaritma untuk menyelesaikannya. Gambar kotak-kotak kuning adalah tampilan sisi atas dan panah merah menunjukkan arah posisi edge pieces yang harus ditukar.


F2 U L R’ F2 L’ R U F2



F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2


M2 U M2 U2 M2 U M2


M2 U M2 U M’ U2 M2 U2 M’ U2


SELAMAT

ANDA SUDAH MENYELESAIKAN RUBIK 3X3X3 ANDA

Jika masih kebingungan, hubungi saja saya. ^_^. Thanks

2 comments:

Toko Rubik Jo Cubes - Jual Rubik Speedcubes said...

Hello, salam kenal ya! numpang info, Jo Cubes sedang mengadakan kompetisi mini dimana setiap peserta akan diminta untuk membuat sebuah artikel pendek mengenai Jo Cubes minimum sebanyak 1000 kata di (blogger, wordpress, tumblr, livejournal, etc) lalu buatlah hyperlinks (anchor text) atas website kami: Toko Rubik Jo Cubes - Jual Rubik Speedubes | Beli Rubik Online pada web/blog anda.
Contoh:
Jo Cubes adalah toko rubik online yang berlokasi di Jakarta Barat. Koleksi speedcubes & puzzles yang dijual di Jo Cubes termasuk lengkap. Menurut saya, harga-harga rubiks & puzzles yang dijual sangat terjangkau oleh pelajar manapun karena tergolong murah. Dari segi material, komposisi materi plastik dan keawetan sticker nya terbilang bagus karena kualitas nya yang tinggi. Mengenai packaging dari paket Jo Cubes, sangatlah susah untuk dibuka karena Jo Cubes menggunakan bubble wrap yang sangat tebal untuk menjamin paket tahan benturan. Apabila kamu tertarik untuk membeli speedcubes dan twisty puzzles lain nya di Jo Cubes , kamu bisa mengunjungi langsung website nya di:

Toko Rubik Jo Cubes - Jual Rubik Speedcubes | Beli Rubik Online

Bagi pemenang dengan tulisan yang paling menarik dan kreatif berhak memenangkan bingkisan rubik yang menarik dari Jo Cubes.
Kami tunggu partisipasi nya. Terima kasih dan salam cubing.

Syarat & ketentuan dalam mengikuti kompetisi mini Jo Cubes:
1. Mempunyai blog/website yang aktif
2. Daftarkan diri anda melalui email di jo.cubes@yahoo.com
3. Nama pemenang akan diumumkan pada 11 May 2013

Unknown said...

k412t3lzqiy127 finger vibrator,horse dildo,penis pumps,sex chair,sex chair,sex chair,penis rings,female sex toys,dildos a997i3vkkdt995