Search

Sunday, October 28, 2012

Rekor Dunia Menyelesaikan Rubik Tercepat

Hi teman-teman cubers. Nah, kali ini saya akan membahas tentang rekor dunia yang tercatat dalam kompetisi internasional dari masa ke masa. Khususnya dalam menyelesaikan rubik 3x3x3. Kompetisi internasional pertama yang diadakan adalah pada tahun 1982 yang dilaksanakan di Hungaria. Walaupun sempat menghilang, namun kompetisi solving rubik kembali booming di tahun 2000-an.

Teman-teman cubers tentu mengetahui bahwa penilaian waktu solving rubik terbaik adalah waktu solving yang paling singkat. Disini saya sudah mengumpulkan data mengenai rekor-rekor dunia yang tercatat dalam kompetisi solving rubik internasional, tetapi tidak lengkap semuanya. Untuk selengkapnya teman-teman cubers bisa search google, dan tentu saja rubik yang dimaksud disini adalah rubik 3x3x3. Nah, kalau di lihat-lihat rasanya saya juga tidak percaya dengan waktu solving rubik cubers yang memecahkan rekor dunia. Dan sangat tidak yakin bisa mengalahkan waktu solving mereka, bagaimana tidak? Waktu solving tercepat saya yang pernah saya catat adalah selama 48 detik yang sangat jauh dibandingkan rekor-rekor dunia itu. Jika dibandingkan, saya 1000% lebih lambat dari pada mereka, bahkan waktu yang mereka butuhkan untuk solving keseluruhan rubik hanya cukup untuk saya menyelesaikan first layer. Rasanya sulit untuk bisa mencapai waktu solving secepat itu. Nah, berikut adalah data-data waktu solving tersebut.
Tahun
Nama
Negara Asal
Waktu Solving (detik)
1982
Robert Pergl
Cekoslovakia
17.20
2003
Jess Bonde
Denmark
16.53
2004
Shotaro Makisumi
Jepang
12.11
2005
Jean Pons
Prancis
11.75
2006
Toby Mao
Amerika Serikat
10.48
2007
Ron Van Bruckhem
Belanda
9.55
2008
Erin Akkersdijk
Belanda
7.08
2010
Feliks Zemdegs
Australia
6.77
2011
Feliks Zemdegs
Australia
5.66

Demikian saja informasi tentang rekor dunia dalam waktu solving rubik, semoga bermanfaat. ^_^

No comments: