Search

Sunday, October 28, 2012

Alogaritma Mirror dan Inverse

Hi teman-teman cubers, kali ini saya akan membahas tentang alogaritma Mirror dan Inverse. Gerakan tersebut ada hubungannya dengan alogaritma.


Alogaritma Mirror, seperti namanya “mirror” yang berarti cermin, gerakan alogaritma yang kita lakukan adalah cerminan dari suatu alogaritma. Gerakannya persis seperti gerakan kita jika di depan cermin, yaitu berkebalikan antara kiri dan kanan. Jika yang kita gerakkan adalah tangan kanan maka bayanyan kita pada cermin tangan kiri yang bergerak. Nah, kita hanya perlu merealisasikan gerakan bayangan kita pada cernim menjadi gerakan kita. Notasi pada gerakan mirror adalah dengan menambahkan aksen jika tidak ada dan menghilangkan aksen jika ada, kecuali untuk notasi R dan L, mirror dari notasi R adalah L’, dan mirror dari notasi L adalah R’. Untuk lebih jelasnya ikuti contoh berikut.
Pilih satu alogaritma, misalnya R U R’ U R U2 R’, kemudian konversikan kedalam notasi mirror, maka alogaritmanya akan menjadi L’ U’ L U’ L’ U2 L. Contoh lain misalnya adalah alogaritma F2 U L R’ F2 L’ R U F2 dengan mirror F2 U’ R’ L F2 R L’ U’ F2.


Alogaritma Inverse, tidak seperti alogaritma mirror, alogaritma inverse juga mengkonversikan notasi dari yang tidak ada aksen menjadi ada dan yang ada menjadi tidak ada tidak terkecuali notasi R dan L, tetapi alogaritma invers di baca dari belakang suatu alogaritma. Jadi tahapnya adalah mengkonversikan notasi kemudian baca dari belakang. Untuk lebih jelasnya ikuti contoh berikut.
Pilih satu alogaritma, misalnya F U R U’ R’ F’ kemudian konversikan, maka akan menjadi F’ U’ R’ U R F, setelah itu baca dari belakang atau sama dengan F R U R’ U’ F’. contoh lain misalnya adalah alogaritma r U R’ U’ r’ F R F’ kemudian konvesikan, maka akan menjadi r’ U’ R U r F’ R’ F, setelah itu baca dari belakang atau sama dengan F R’ F’ r U R U’ r’.

Demikian saja informasi tentang alogaritma mirror dan inverse, semoga bermanfaat. ^_^

No comments: