Search

Sunday, October 28, 2012

Penilaian Waktu Bermain Kubus Rubik dalam Kompetisi

Hi, teman-teman cubers. Nah, kita masih membahas tentang rubik, kali ini saya akan membahas tentang cara penghitungan waktu dalam menyelesaikan rubik. Mungkin biasanya teman-teman cubers menghitung waktu solving rubik menggunakan stopwatch hanya dalam sekali solving saja tetapi perhitungan waktu solving rubik dalam kompetisi resmi internasional berbeda. Perhitungannya tetap memakai alat pengukur waktu, tetapi hanya caranya saja yang berbeda. Umumnya terdapat 2 metode, yaitu Best of 3 dan Average of 5. Berikut penjelasannya:

Best of 3 
Best of 3 adalah penghitungan waktu dengan cara mengambil waktu tercepat dari 3 kali solving rubik. Misalnya, teman-teman cubers melakukan solving rubik sebanyak 3 kali, solving pertama 1 menit 20 detik, solving kedua waktunya 1 menit 30 detik kemudian solving ketiga waktunya 1 menit 25 detik. Maka pengukuran waktu yang diambil adalah yang paling cepat yaitu 1 menit 20 detik. Salah satu kompetisi yang menggunakan metode ini adalah Rubik’s Cube World Championship pada tahun 1982 yang diadakan di Hungaria. Minh Thai misalnya, ia mempunyai catatan waktu tercepat solving 22.95 detik dari 3 kali solving cube yaitu 27.16 detik, 22.95 detik dan 27.97 detik.

Average of 5 adalah pengukuran waktu solving berdasarkan rata-rata dari 5 kali solving rubik. Maksudnya adalah waktu dari 5 kali solving itu dijumlahkan dan kemudian dibagi 5. Begitulah cara pengukuran waktu solving dengan metode Average of 5. Misalkan teman-teman cubers melakukan 5 kali solving, waktunya adalah 1 menit, 1menit 30 detik, 1 menit 10 detik, 1 menit 20 detik dan 1 menit 20 detik, maka jumlah dari kelima waktu solving tersebut adalah 6 menit 20 detik atau sama dengan 380 detik, kemudian dibagi lima sehingga hasilnya adalah 76 detik atau sama dengan 1 menit 16 detik.

Demikian saja informasi tentang pengukuran waktu solving rubik, semoga bermanfaat. ^_^

No comments: